Home / Umum / Mengawali Donasi Mandiri

Mengawali Donasi Mandiri

Berikut sketsa perjalanan penyaluran donasi 5000 sejak awal hingga terkini melalui sebuah tayangan grafik. Garis biru adalah grafik nilai penyaluran, sedangkan garis merah adalah nilai donasi abadi dari bulan ke bulan.

Dalam setahun terakhir, ada langkah inovasi terhadap Donasi 5000. Yaitu, Go Publik sekaligus memperkenalkan Dana Abadi. Go Publik artinya, donatur dibuka untuk publik. Dalam waktu bersamaan, dirintis Dana Abadi melalui sebuah program transisi untuk menjajagi usaha-usaha membangun Dana Abadi.

Arahan Dana Abadi adalah bahwa semua nilai penyaluran akan bersumber dari hasil investasi dana abadi ini. Sementara uang yang masuk dari berbagai sumber (donasi 5000, sumbangan, hasil investasi ditahan) akan ditambahkan ke dana abadi. Selama masa transisi, beberapa strategi dilakukan. Di antaranya memasukkan dana pinjaman untuk diinvestasikan bersama Dana Abadi sehingga memberikan nilai yang dianggap layak untuk disalurkan sekaligus agar nilai penyaluran tidak turun drastis.

Saat ini, sudah dipandang cukup bahwa Dana Abadi sudah bisa Mandiri, yaitu, semua dana pinjaman ditarik sepenuhnya. Memang hal ini mengakibatkan nilai penyaluran menjadi turun drastis dengan nilai sekitar Rp.515.000,-. Nilai ini hampir sama seperti penyaluran di akhir tahun 2012. Namun, setelah ini, Dana Abadi telah menjadi sarana penghasil dana melalui investasinya. Oleh karena itu, secara teori, nilai penyaluran akan naik secara stabil dari waktu ke waktu.

Selamat kepada para Donatur, kita ternyata bisa menelorkan biji yang baru bertunas. Semoga bisa menjulang tinggi dengan baik.

Salam Satu Maret.

PenyaluranDanaAbadi

Scroll To Top